top of page

HealthyBodyHeadToToe Group

Public·62 members
Isaiah Bell
Isaiah Bell

Perbedaan Transmisi Otomatis Dan Manual Sepeda Motor


Kawan-kawan... Saat ini pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya di jalan raya. Sepeda motor banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman digunakan ketika berkendara di jalan yang semakin padat dengan kendaraan bermotor.




Perbedaan Transmisi Otomatis Dan Manual Sepeda Motor


Download Zip: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Fjinyurl.com%2F2ui5Gh&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw3jh4rLMV4SW7Poe4Sp3hxv



Jenis sepeda motor di jalan raya ini beragam, mulai dari motor yang punya transmisi manual sampai motor yang punya transmisi otomatis. Nah, kamu sendiri memilih untuk menggunakan jenis motor yang mana? Untuk memudahkan kamu memilih, sebaiknya pahami dulu perbedaan dari kedua transmisi sepeda motor ini.


Sepeda motor yang bertransmisi manual ini mengharuskan kamu mengatur gigi sendiri sehingga kecepatan motor tergantung dari gigi yang kamu pilih, tetapi motor dengan transmisi manual lebih hemat bahan bakar dan lebih siap digunakan untuk medan jalan menanjak, menurun, ataupun landai. Perawatan sepeda motor yang bertransmisi manual ini juga lebih mudah, jadi lebih hemat dari segi perawatannya. Tetapi ada kekurangan dari jenis motor yang bertransmisi manual ini, yaitu kamu harus mengeluarkan tenaga lebih saat mengganti gigi ketika jalanan macet dan harga jualnya juga cukup rendah.


Saat ini motor matik banyak dipilih karena memang banyak pengendara yang merasa motor matik lebih nyaman digunakan. Motor matik ini menggunakan transmisi otomatis, jadi lebih memudahkan kamu karena kamu hanya perlu menarik dan menurunkan tuas gas untuk menjalankan sepeda motor. Sepeda motor yang bertransmisi otomatis ini lebih nyaman dikendarai di jalan raya, terutama saat kondisi jalan raya cukup padat. Tetapi dibalik kemudahannya, motor yang bertransmisi otomatis ini lebih boros bahan bakar karena perpindahan gigi diatur oleh mesin. Untuk perawatan sendiri juga lebih mahal, karena mesin motor yang bertransmisi otomatis lebih rumit dibanding jenis motor lainnya.


Perbedaan motor matic dan manual dalam dunia otomotif khususnya roda dua penting untuk diketahui. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan untuk membeli jenis sepeda motor mana yang sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing jenis motor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pantas untuk diperhitungkan pada berbagai aspeknya sebelum dibeli.


Dengan adanya perbedaan di atas, bisa Anda dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat ingin membeli motor di pasaran. Pastikan pula bahwa harga motor sudah sesuai dengan budget Anda yang bisa dibeli baik secara kredit maupun cash.


Sepeda motor matic memiliki banyak kekurangan dan kelebihan. Jika anda menganggap motor matic lebih simpel dari motor manual, maka hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena ada aspek tertentu bahwa motor matic ini tidak lebih baik dari motor manual. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh matic?


Alasan bahwa sepeda motor matic berhasil menggeser keberadaan motor manual ada di fungsinya yang praktis untuk digunakan. Setiap orang tidak perlu belajar mengendarai sepeda motor lebih mendalam untuk bisa mengoprasikannya. Berikut ini adalah kelebihan dari motor matic, diantaranya :


Jadikan beberapa perbedaan motor matic dan manual sebagai pertimbangan dalam memilih jenis sepeda motor yang diinginkan. Jika tertarik untuk membeli jenis motor matic atau manual terbaru dari Yamaha, Anda bisa membelinya di dealer resmi Yamaha Fortuna motor. Pilih sendiri jenis motor yang diinginkan. Langkah pemesanannya mudah dan tentunya bisa Anda beli secara kredit dengan DP rendah dan cicilan ringan.


"Sedang pada sistem transmisi semi otomatis, pemindah giginya menggunakan bantuan kopling sentrifugal (kopling otomatik atau ganda), sedang pemindah giginya manual menggunakan gear shift," terangnya lagi.


Memilih oli transmisi sangatlah penting untuk sepeda motor Anda. Seperti halnya mobil, sepeda motor modern hadir dengan berbagai pilihan sistem transmisi, baik itu otomatis dan manual. Sementara sepeda motor matic atau motor skutik banyak diminati saat ini, roda dua bertransmisi manual tidak sepenuhnya kehilangan peminatnya, terutama di kalangan pecinta sepeda motor sport dan underbone.


Dari perspektif perawatan, sistem transmisi yang berbeda memerlukan jenis oli yang berbeda juga, masing-masing memiliki kandungan yang berbeda. Pengetahuan ini sangat penting, meskipun banyak pemilik sepeda motor yang tidak mengetahui aturan praktis ini. Menggunakan produk oli yang dirancang untuk sistem yang berbeda secara bergantian akan menyebabkan kerusakan dan risiko keselamatan, terutama jika cairan transmisi otomatis (ATF) digunakan untuk transmisi manual.


UPSOL memberikan solusi untuk kebutuhan oli transmisi untuk motor matic performa tinggi yang diformulasikan dari base oil dengan index viskositas tinggi. UPSOL GEAR MATIC OIL adalah aditif pilihan dan menggunakan formula anti gesekan, sehingga menjadikan roda gigi lebih optimal dan ringan serta tahan lama. Oli ini memiliki tingkat kinerja API SL JASO MB dan memiliki stabilitas termal serta oksidasi yang tinggi untuk menghindari degradasi oli pada suhu tinggi yang disebabkan dengan kondisi beban ekstrim.


Sejak beberapa tahun belakang, kendaraan matik lebih mendominasi jalanan di berbagai kota di Indonesia. Meski masih ada juga kendaraan yang bukan matik alias bertransmisi manual. Sebenarnya apa itu transmisi dan berapa macam transmisi sepeda motor? Berikut Wahana Honda menyampaikan dalam keterangan resminya :Transmisi manualSepeda motor yang bertransmisi manual ini mengharuskan Anda mengatur gigi sendiri sehingga kecepatan motor tergantung dari gigi yang dipilih, tetapi motor dengan transmisi manual lebih hemat bahan bakar dan lebih siap digunakan untuk medan jalan menanjak, menurun, atau landai.Perawatan sepeda motor yang bertransmisi manual juga lebih mudah dan lebih hemat. Tetapi ada kekurangan dari jenis motor yang bertransmisi manual yakni harus mengeluarkan tenaga lebih saat mengganti gigi ketika jalanan macet. Di sisi lain harga jualnya juga cukup rendah.Transmisi otomatisSaat ini motor matik banyak dipilih karena memang banyak pengendara merasa motor matik lebih nyaman digunakan. Motor matik menggunakan transmisi otomatis, jadi lebih memudahkan pengendara. Hanya perlu menarik dan menurunkan tuas gas untuk menjalankan sepeda motor.Sepeda motor yang bertransmisi otomatis lebih nyaman dikendarai di jalan raya, terutama saat kondisi jalan raya cukup padat. Tetapi di balik kemudahannya, motor yang bertransmisi otomatis ini lebih boros bahan bakar karena perpindahan gigi diatur oleh mesin.Dari sisi perawatan juga lebih mahal karena mesin motor yang bertransmisi otomatis lebih rumit dibanding jenis motor lainnya.


Matic memiliki komposisi mesin tertutup dibanding motor manual. Alhasil, untuk biaya perawatan memakan dana lebih besar. Selain itu, jika terjadi kerusakan akan sulit untuk dideteksi. Soal ketahanan pasca perbaikan pun cenderung tidak setangguh sang kompetitor.


Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Maret 2016 lalu mengeluarkan data yang menyebutkan bahwa empat peringkat tertinggi sepeda motor diperoleh oleh skuter dengan sistem transmisi otomatis (skutik). Masih dalam data tersebut, Honda BeAT Series menjadi pemuncak daftar dengan penjualan 193.147 unit dalam satu bulan. Kemudian di susul oleh Vario Series dangan penjualan 140.054 unit dan Scoopy di angka 42.778 unit. Sementara skutik premium Yamahan Nmaz menyusul dengan total penjualan 20.998 unit.


Ada beragam alasan mendasar mengapa masyarakat lebih memilih motor dengan transmisi otomatis dibanding transmisi manual. Paling banyak ditemui, alasan utamanya karena lebih simpel dan mudah cara penggunaaannya. Transmisi ini memang mempermudah orang dalam mengendalikan sepeda motor. Pengemudi tak perlu lagi memindahkan persneling untuk mengatur tenaga dan putaran mesin.


Salah satu jenis transmisi otomatis yang banyak digunakan saat ini adalah CVT (Contionuously Variable Transmission). CVT merupakan cara palinng fleksibel dalam memindahkan tenaga yang dihasilkan mesin kepada roda-roda kendaraan.


Sistem CVT menghasilkan pergerakan secar otomatis sesuai dengan putaran mesin, sehingga pengendara terbebas dari keharusan memindah gigi. Hasilnya, pengendara lebih nyaman dan santai dalam mengendarai sepeda motornya. Sistem ini juga mengindari hentakan mesin yang biasa timbul pada saar pemindahan transmisi manual pada mesin-mesin konvensional. Pergantian transmisi ini dinilai sangat lembut seiring dengan penambahan tenaga mesin dan kecepatan.


Sarana transportasi adalah kebutuhan primer masa kini, banyak pabrik memunculkan penemuan dalam produk mereka agar dapat bersaing, termasuk menggunakan kehadiran tipe motor misalnya Motor matic & Motor manual. Bukan hanya memudahkan konsumen dalam menentukan, hal ini justru semakin menciptakan mereka galau untuk memilih kendaraan terbaik. Sebagai solusi, simaklah perbandingan ke 2 jenis motor tersebut.


Perbedaan transmisi tadi lantas menciptakan ke 2 motor mempunyai kesamaan lebih unggul pada medan tertentu. apabila Anda memakai kendaraan buat kepentingan transportasi sehari-hari dan rentan terjebak macet, maka matic lebih cocok dipakai. Selain itu, bepergian di atas 10 km terasa lebih nyaman ditempuh menggunakan kuda besi ini.


Sementara buat yang manual, Anda bisa mencapai torsi aporisma saat melewati medan kurang bersahabat memakai jenis motor ini berkat perpindahan transmisi. Posisi mengendarai kendaraan pun terasa lebih pas waktu menaklukkan bepergian.


Perbedaan Konsumsi BBMDari segi bahan bakar, motor manual sebagai kampiun berdasarkan jenis-jenis lain. Sebagai contoh, Vario Techno 125 bisa menempuh jeda sepanjang 52,1 km menggunakan satu liter bensin, ad interim Honda Supra X 125 PGM-FI mencapai 56,1 km. Matic memakan konsumsi BBM lebih poly dibanding motor manual karena perputaran transmisi terjadi secara otomatis, sebagai akibatnya kerja mesin misalnya dipaksakan. Berbeda menggunakan motor manual, bila tarikan terasa kurang, pengendara bisa menurunkan atau mengoper gigi.


Kelebihan & Kekurangan Motor ManualMotor manual tunjukkan kesan andal. Dilihat berdasarkan bodi, motor manual memang menampakkan kesan andal. Hal ini terbukti berdasarkan jarangnya terjadi perkara dalam mesin semisal habis terkena hujan. Bahkan, bila Anda terlambat melakukan servis selama satu bulan, kendaraan masih sanggup dikendarai secara normal. Image irit pun ditunjang sang mudahnya menemukan onderdil menggunakan harga yang nisbi murah. Kelebihan-kelebihan tadi akhirnya disempurnakan melalui percepatan tangguh mulai waktu menghidupkan mesin. 041b061a72


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page